PERKECAMBAHAN DALAM GELAP DAN TERANG

Diposkan oleh Kuja Nextprogeneratiaon on Friday, March 15, 2013

Perkecamabahan diawali dengan penyerapan air dari lingkungan sekitar biji, baik tanah, udara maupun media lainnya. Perubahan yang teramati adalah membesarnya ukuran biji yang disebut tahap imbibisi.

Dalam proses perkecambahannya dipengaruhi oleh banyak faktor yang dikategorikan dalam 2 sub yaitu faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam ini merupakan faktor yang berasal dari dalam biji tersebut seperti hereditas, kemurnian biji, hormon, dll. Dan faktor luar yang merupakan faktor lingkungan yang meliputi air, suhu, kelembaban, oksigen dan cahaya.

Cahaya mempengaruhi perkecambahan dengan 3 cara, yaitu dengan intensitas (kualitas) cahaya, panjang gelombang, dan fotoperiodisitas (panjang hari). Kualitas cahaya dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan perkecambahan pada biji-bijian positively photoblasthic (perkecambahan dipercepat oleh cahaya), jika penyinaran intensitas tinggi ini diberikan dalam durasi waktu yang pendek. Hal ini tidak berlaku pada biji yang bersifat negatively photoblastic (perkecambahannya dihambat oleh cahaya).

Yang menyebabkan terjadinya perkecambahan adalah daerah merah dari spektrum (red=650 mm). Sedangkan sinar infra red (=730 mm) menghambat perkecambahan. Fotoperiodisitas respon dari biji photoblastic dipengaruhi oleh temperatur.

Diketahui bahwa dalam proses perkecambahan banyak dipengaruhi oleh hormon dan cahaya, walaupun faktor yang lain ikut mempengaruhi. Menurut literatur perkecambahan dipengaruhi oleh hormon auksin, jika melakukan perkecambahan di tempat yang gelap maka akan tumbuh lebih cepat namun bengkok. Hal itu disebabkan karena hormon auksin sangat peka terhadap cahaya, jika pertumbuhannya kurang merata. Sedangkan di tempat yang perkecambahan akan terjadi relatif lebih lama, hal itu juga disebabkan pengaruh hormon auksin yang aktif secara merata ketika terkena cahaya. Sehingga dihasilkan tumbuhan yang normal atau lurus menjulur ke atas.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment